Senin, 06 Februari 2012

Atasi Stres dengan Rileks Sederhana


Rileks menjadi salah satu solusi yang sering dilakukan setiap orang yang sedang dilanda stres.
Untuk rileks, sebagian orang terlebih perempuan sering kali rela merogoh kocek mereka untuk mendapatkan sebuah 'kata' rileks.

Namun tanpa disadari rileks bisa ditempuh melalui cara sederhana. Apa saja?

Hidup udara pagi
Jangan malas bangun pagi. Udara pagi yang segar apalagi ditingkahi dengan pemandangan matahari terbit dan mulai mengintip di ufuk timur, akan membuat Anda merasa segar memulai hari.

Membuat kue
Menimbang tepung, gula, mengencerkan mentega dan mengaduknya menjadi satu dengan telur bisa melatih Anda lebih sabar. Terlebih, Anda pun akan terhibur melihatnya hasilnya yang cantik dan lezat.

Tertawa
Tertawa sama fungsinya seperti senam wajah. Saat tertawa otot-otot wajah terangkat berulang-ulang sehingga wajah terasa relaks.

Ikuti lirik lagu di CD baru
Dari banyak penelitian, musik telah terbukti memberi dampak positif untuk kesehatan jiwa. Saat kepala terasa 'penuh', carilah CD dari grup musik favorit Anda. Setel CD tersebut sambil merebahkan diri di kasur empuk dan ikuti liriknya sebagai cara mengeluarkan emosi.

Membuat pekerjaan tangan kreatif
Menyulam, melukis atau membuat origami adalah alternatif pekerjaan tangan sebagai penyalur stres.

Berbaring santai sambil mendengar hujan turun
Bunyi air hujan dipercaya bisa memberi efek ajaib. Nah ketika hujan turun, masuklah ke kamar, lalu baringkan badan dan dengarkan suara air hujan itu. Percayalah, sesudahnya Anda akan merasa lebih tenang.

Berpangku tangan
Pekerjaan menumpuk dan jadwal rapat yang tiada henti membuat Anda selalu dalam keadaan 'terikat' setiap hari. Di antara waktu yang bertegangan tinggi ini, cobalah untuk tidak melakukan apa-apa selama lima menit saja. Duduk santai dan bernafaslah, lalu coba untuk fokus mendengarkan aliran nafas Anda.

Obrolan ringan
Ketika dilanda lelah, ngobrol ringan soal gosip artis, kelucuan anak atau trik menata rumah dapat memberi dampak baik untuk tubuh, ketimbang membicarakan politik atau suasana kantor yang ruwet.

Melakukan hobi sepuasnya
Orang yang punya hobi katanya lebih awet muda. Hobi dapat membuat Anda melupakan sejenak rutinitas harian atau pekerjaan yang tengah bertumpuk.

Bercanda 'Intim'
Pantang bicara urusan kamar tidur dengan orang lain. Ah, siapa bilang? Bicara soal teknik berciuman yang asyik sampai foreplay yang dahsyat malah bisa menjadi alternatif pembicaraan hangat. Anda bisa belajar sekaligus tertawa bersama.

Merias diri
Panik dengan deadline yang sudah di depan mata? Eh, sebelum memulai, cobalah ulaskan lipstik cerah, sapukan blush on merah jambu di pipi, dan perbaiki alis mata Anda. Believe it or not, melihat wajah Anda yang cantik, kepanikan ini akan berkurang

Minum susu coklat
Coklat terkenal sebagai camilan pembangkit mood. Nah, kalau ditambah dengan segelas susu hangat, lalu Anda resapi aromanya, sebelum diminum sedikit-demi sedikit, ehm.. kabut yang menyelimuti hari-hari kelabu Anda pun sirna.

Merancang perjalanan
Lebaran dan natalan masih lama. Tapi, hati sedang kesal, coba deh, bikin rencana untuk pulang kampung. Mulailah menghitung biayanya, bikin rencana harian jika Anda sudah berada di sana. Pasti semangat kerja Anda akan timbul sesudahnya.

Jatuh cinta
Cinta memang keajaiban yang tak ada habisnya. Orang akan merasa sepi jika tak memiliki cinta. Hidupkan selalu cinta bersama pasangan Anda.

Menjawab e-mail
E-mail datang jangan selalu dianggap penghambat kerja. Sediakan waktu sekitar 15 menit sebelum mulai bekerja dan 15 menit sebelum pulang kantor untuk menjawabnya. Anda akan terkejut, betapa Anda seolah-olah bersabahat dengan orang lain tanpa harus meninggalkan meja kerja Anda.

Menyelesaikan pekerjaan rumah
Saat ada waktu senggang, selesaikan pekerjaan merapikan tumpukan baju di lemari, mengkliping artikel favorit atau memasukkan foto-foto ke albumnya. Selain rumah Anda tampak lebih rapi, hati Anda pun akan senang.

Berciuman
Ingat ciuman pertama Anda? Hhmmm, kenangan yang menyenangkan. Berciuman, meski bukan yang pertama kali, tetap memberi efek menakjubkan. Meski hanya untuk beberapa detik, memberikan sensasi menyenangkan yang mendalam.

Nonton film menghibur
Nonton film keluarga seperti Yours, Mine and Ours, atau film kartun seperti Shrek, merupakan film yang tak membutuhkan dahi Anda berkerenyit namun bisa membaut hati terhibur. [mor]

Tidak ada komentar:

Trade traffic with me using 2leep.com system