Minggu, 01 September 2013

4 Tips Sebelum Membeli Hard Disk

Bagi yang sering menyesuaikan sendiri komputernya tentu bakal meng-upgrade hard disk dengan membeli spesifikasi lebih baik.
Berikut adalah tips-tips yang diperlukan sebelum memutuskan untuk membeli hard disk baru:


Fungsi Hard Disk



Sebelum membeli hard disk tentu harus dikenali dulu, apa fungsi dari hard disk itu sendiri. Fungsi dari sebuah hard disk adalah melakukan penyimpanan data.

Besar Kapasitas Hard Disk


 


Lalu pengguna juga harus tahu seberapa besar kapasitas hard disk yang dibutuhkan. Kapasitas data yang dibutuhkan oleh dokumen teks sangat kecil, sedangkan gambar lebih besar, musik bahkan lebih besar lagi, dan videolah yang terbesar dari semuanya.



Skala ukuran kapasitas data untuk harddisk adalah megabyte (MB), gigabyte (GB), dan terabyte (TB.). Secara garis besar, 1 megabyte sama dengan 1 juta byte, 1 gigabyte sama dengan 1 miliar byte, dan 1 terabyte sama dengan 1 triliun byte.

Jenis Sambungan Hard Disk ke Komputer

 Ada 4 cara untuk menyambungkan hard disk ke komputer Anda:



1. USB

USB adalah jenis sambungan yang paling umum. Anda tidak perlu mempersiapkan apa pun. Cukup tancapkan. Komputer langsung mengenali hard disk, kemudian Anda dapat membaca serta menyimpan file dalam seketika.

2. FireWire

Jenisnya plug-and-play seperti USB, FireWire 800 jauh lebih cepat, sehingga cara ini begitu populer di kalangan profesional untuk mentransfer file video untuk produksi.

3. SATA

SATA adalah sambungan standar untuk hard disk internal. SATA menghadirkan kecepatan transfer file paling tinggi untuk format apa pun.

4. eSATA

Sambungan yang tidak terlalu umum namun memiliki kinerja yang tinggi dan biasanya ditemukan di PC. Sambungan eSATA berkinerja tinggi dengan kecepatan yang hampir sama dengan hard disk internal.

5. Wireless

Jenis sambungan ini benar-benar unik karena tidak membutuhkan kabel! Oleh karena itu, hard disk jenis ini selain bisa disambungkan dengan PC atau Mac, juga bisa digunakan pada perangkat mobile, contohnya iPhone, iPad, Android dan lainnya.

 

Seberapa Penting Kecepatan Hard Disk

 

 


Saat Anda menggunakan komputer Anda, membuka file, mendengarkan lagu, atau melakukan hal lainnya, Anda menggunakan hard disk. Piringan yang ada di dalam hard disk akan berputar. Semakin cepat piringan itu berputar, semakin cepat pula komputer Anda dapat menemukan file yang Anda cari.
Umumnya hard disk dengan kecepatan 7200 RPM akan lebih cepat dibandingkan dengan hard disk yang memiliki kecepatan 5400 RPM.

Untuk hard disk eksternal, Anda hampir tidak akan melihat adanya perbedaan. Sedangkan untuk hard disk internal, Anda akan melihat sedikit perbedaannya pada file dan aplikasi yang lebih kecil, namun akan tampak jelas dengan file dan aplikasi berukuran besar.

 

 


 


1 komentar:

selimut mengatakan...

gan, posting juga dong harga pasarannya

Trade traffic with me using 2leep.com system