Minggu, 04 Maret 2012

Waduh! Miliaran Rupiah Terbuang Gara-gara Colokan Listrik Terus Nempel


Sudah jadi kebiasaan masyarakat Indonesia yang membiarkan colokan listrik mulai TV, Carger ponsel, kipas angin, AC, dan barang elektronik lainnya dalam kondisi standby, walau terlihat tidak sedang digunakan, namun hal tersebut terbukti membuang miliaran rupiah per tahun.

Hal tersebut seperti diungkapkan Maryam Ayuni, Direktur Konservasi Energi Kementerian Energi Sumber (ESDM), kebiasaan tersebut memang jarang disadari bahwa hal itu tetap membuang energi listrik, yang artinya membuang uang.

"Lihat kebiasaan kita di rumah, kantor dan tempat lainnya, walau kecil energi yang terbuang, namun kalau kebiasaan tersebut jadi budaya, maka Rp 5 juta/tahun terbuang hanya untuk membayar listrik," kata Maryam dalam acara Home and School energy Champion 2012, di Meseum Listrik dan Energi Baru, Taman Mini Indonesia Indah, Sabtu (3/3/2012).

Bahkan kata Maryam, penelitian yang dilakukan pihaknya, di sebuah kantor yang memiliki karyawan 50 orang, pada setiap jam istirahat 2-3 jam, semua peralatan kantor seperti komputer, printer, mengurangi temperatur AC.

"Dalam satu bulan bisa menghemat pengeluaran listrik hingga Rp 10 juta. Itu hanya matikan listrik yang tidak terpakai saat jam istirahat saja," ungkap Maryam.

Dan, ada lagi penelitian yang dilakukan pihak ke tiga bersama KESDM, di sekitar 500 rumah mewah di Jakarta.

"Dalam sebulan, pemilik rumah jika pergi kerja atau dirumah diminta mematikan rice cooker, mencabut berbagai colokan listrik yang tidak terpakai seperti TV, carger HP, kipas angin, itu dalam setahun 500 rumah tadi bisa menghemat Rp 1 miliar lebih," tegas Maryam.

Angka sebanyak itu didapat hanya dari kemauan kita untuk membiasakan diri mencabut colokan listrik barang elektronik di rumah atau di kantor yang sedang tidak dipakai.

"Makanya, saya sangat senang jika ada orang yang beralih ke listrik pra bayar (pulsa Token), kesadaran efesiensi penggunanya meningkat karena selalu mengentrol pemakaian listriknya," tandas Maryam.

Tidak ada komentar:

Trade traffic with me using 2leep.com system