Rabu, 07 Maret 2012

Riset: Istri Bahagia Lihat Suami Sedih atau Kecewa


Pernahkah Anda marah pada suami, tapi ternyata pasangan tak menyadarinya? Tentunya ketika ini terjadi, Anda pun merasa kesal.

Penelitian pun membuktikan hal serupa. Menurut riset yang dilakukan Harvard Medical School, para wanita akan merasa lebih bahagia ketika pasangan mereka tahu kalau mereka marah dan kemudian suami merasa sedih atau kecewa. Kenapa bisa bahagia?

"Bisa jadi ketika wanita melihat kesedihan atau kekecewaan pasangannya, itu menunjukkan bagaimana keterikatan si pria pada hubungan tersebut," jelas Dr Shiri Cohen, pimpinan penelitian tersebut, seperti dikutip Telegraph.

Dalam penelitiannya, Dr Shiri Cohen dan timnya, menggunakan 156 pasangan heteroseksual sebagai responden. Lebih dari 100 pasangan tersebut berusia muda, hidup di kota, dan memiliki hubungan serius setidaknya 3,5 tahun. Beberapa pasangan lainnya berusia lebih tua dan menikah.

Selama diteliti, setiap responden diminta untuk menggambarkan kejadian yang dialami bersama pasangan selama dua bulan terakhir. Kejadian yang diminta diceritakan adalah yang membuat frustasi dan kecewa atau sedih.

Peneliti kemudian merekam pernyataan pada responden. Lalu, responden tersebut bersama pasangannya digabungkan bersama-sama untuk saling berbagi cerita. Mereka diminta untuk mendiskusikan kejadian yang membuat frustasi itu selama 10 menit.

Video rekaman hasil diskusi itu kemudian diperlihatkan lagi kepada setiap pasangan. Mereka juga diminta untuk mengukur kadar perasaan negatif dan postif, menggunakan perangkat elektronik.

Para responden juga dipertontonkan enam video berdurasi 30 detik yang memperlihatkan aktivitas diskusi mereka. Lalu tingkat kepuasaan responden diukur.

Penelitian tersebut menyimpulkan, pria merasa lebih puas pada hubungannya ketika mereka bisa membaca dengan tepat emosi positif pasangannya. Sementara kepuasaan wanita pada hubungan mereka, ukurannya lebih unik. Mereka puas dan bahagia ketika bisa membaca dengan tepat emosi negatif pasangannya.

source:wolipop.com

Tidak ada komentar:

Trade traffic with me using 2leep.com system