Minggu, 11 Maret 2012

Mandi Air Hangat Efeknya Sama Seperti Pergi ke Panti Pijat


Bagi sebagian orang, melewatkan malam Minggu dengan melakukan relaksasi di panti pijat bisa bikin hidup lebih bersemangat. Namun bagi yang tidak sempat melakukannya, mandi dengan air hangat di pagi hari bisa memberikan efek yang sama.

Menurut berbagai penelitian ilmiah yang pernah dipublikasikan, pijat dan mandi air hangat sama-sama merangsang produksi hormon oksitosin. Hormon yang disebut hormon kebahagiaan ini fungsinya meredakan stres dan membangun pikiran positif sehingga tidak gampang marah atau gelisah.

Bagi yang sudah punya pasangan, hormon oksitosin juga memegang peran penting saat berhubungan seks. Makin banyak produksi hormon ini, maka peluang masing-masing untuk mencapai orgasme akan semakin besar dan kehidupan rumah tangga akan menjadi semakin harmonis.

Beberapa cara yang diyakni bisa meningkatkan produksi hormon kebahagiaan adalah sebagai berikut, seperti dikutip dari Menshealth.com, Minggu (11/3/2012).

1. Pelihara binatang
Mengelus-elus kucing atau anjing selama beberapa menit bisa merangsang pelepasan oksitosin. Apapun jenis peliharaannya, yang memicu pelepasan hormon pada dasarnya adalah sentuhannya saat mengelus-elus.

2. Mandi air hangat
Sebuah penelitian di Swedia menunjukkan, peningkatan suhu tubuh dapat meningkatkan kadar oksitosin di dalam tubuh. Salah satu caranya adalah dengan mandi air hangat.

3. Nonton drama
Oksitosin memingkinkan seseorang untuk terhubung pada level emosional, jadi tidak perlu heran jika dikatakan bahwa tontonan seperti film-film drama yang emosional akan sangat mempengaruhi produksi oksitosin. Saat membutuhkan kebahagiaan, jauhi film-film serius lalu beralihlah ke drama.

4. Pijat
Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Evolution and Human Behavior, kontak fisik dengan orang lain dapat merangsang oksitosin. Tidak selalu harus dengna bersetubuh, melakukan pijat dengan tukang urut profesional juga bisa memberikan efek yang sama.

5. Mendengarkan musik
Penelitian di Journal of Clinical Nursing menunjukkan bahwa pasien operasi jantung cenderung lebih cepat sembuh jika sering mendengarkan musik. Rahasianya adalah, musik meningkatkan produksi oksitosin sehingga pasien bisa berpikir lebih positif dan masa penyembuhannya jadi lebih cepat.

6. Jalin komunikasi dengan orang sekitar
Tidak harus ketemu muka, komunikasi di masa kini bisa terjalin melalui internet baik sekedar saling berkirim pesan maupun menggunakan fasilitas webcam. Apapun cara yang digunakan, perasaan saling terhubung dengan orang-orang di sekitar akan membuat level kebahagiaan meningkat.



http://health.detik.com/read/2012/03/11/082241/1863683/766/mandi-air-hangat-efeknya-sama-seperti-pergi-ke-panti-pijat?l1101755

Tidak ada komentar:

Trade traffic with me using 2leep.com system