Senin, 17 Oktober 2011

Satu dari Enam Ponsel Tercemar Bakteri E. Coli



Telepon seluler adalah salah satu benda yang selalu dipegang setiap saat. Seperti halnya uang, kita kadang kala mengganggap ponsel tanpa memperhatikan apakah tangan kita atau benda itu sendiri bersih atau tidak.

Baru-baru ini, sebuah penelitian yang dilakukan London School of Hygiene and Tropical Medicine dan Queen Mary, University of London, menemukan bahwa 1 dari 6 ponsel dan tangan pengguna mengandung bakterai E. Coli. Ini adalah jenis bakteri yang hidup di dalam usus manusia dan biasanya menyebar melalui kotoran.

Dalam penelitian tersebut, para ilmuwan mengambil sampel dari hampir 400 ponsel dan pengguna ponsel tersebut di 12 kota di Inggris.

Pada beberapa kasus, bakteri E. Coli ini dapat menyebabkan keracunan makanan. Namun ada pula starin E. coli yang tidak berbahaya atau bisa dikatakan sebagai bagian dari 'zat' alami dalam usus.

Bakteri E. Coli juga bisa menguntungkan karena memproduksi vitamin K2 dan membantu mencegah patogen yang lebih berbahaya untuk berkembang biak di dalam usus.

Nah, untuk mencegah adanya bakteri E. Coli di tangan dan pada ponsel kita, para ilmuwan ini menyarankan supaya mencuci telapak tangan secara menyeluruh.

Selain rajin mencuci tangan, tentu saja kita harus memperhatikan kebersihan gadget yang sering digunakan. Apakah itu ponsel, tablet, laptop, keyboard, bahkan tetikus.

Tidak ada komentar:

Trade traffic with me using 2leep.com system