Kamis, 04 Juli 2013

Mau Bikin Nasi Goreng Seenak Buatan Resto? Perhatikan 4 Tips Penting Ini!


Meski tampak gampang, namun tak sedikit orang yang gagal bikin nasi goreng. Teksturnya lembek, rasanya kurang gurih dan aromanya kurang sedap. Ada beberapa trik sederhana yang harus dipatuhi jika ingin bikin nasi goreng seenak buatan resto.

Nasi goreng jadi salah satu menu favorit orang Asia. Sajian ini mudah dibuat dan jadi menu andalan saat kehabisan ide memasak. Agar nasi goreng buatan Anda bisa seenak buatan restoran, lakukan beberapa tips ini.



1. Nasi harus kering
Salah satu aturan baku untuk membuat nasi goreng enak adalah pemilihan nasi. Jangan gunakan nasi yang baru saja matang, karena memberi tekstur lembek. Yang terbaik adalah menggunakan nasi yang sudah dimasak sehari sebelumnya, karena bertekstur lebih kering dan mudah dimasak. Atau taruh nasi dalam kulkas selama beberapa jam agar teksturnya lebih kenyal.

2. Gunakan wajan lebar
Gunakan wajan yang lebar agar seluruh komposisi nasi goreng bisa teraduk sempurna. Karena banyak diaduk, wajan yang lebar ini juga bisa mencegah nasi goreng dan isinya berhamburan keluar saat sedang diaduk-aduk


 3. Gunakan api besar
Salah satu faktor yang membuat nasi goreng buatan restoran terasa spesial adalah aromanya yang khas. Aroma ini dihasilkan dari suhu panas dari api. Suhu yang tinggi juga mencegah nasi menempel pada wajan dan membuat tekstur nasinya kering enak.

 4. Jangan terpaku pada resep
Untuk membuat nasi goreng enak, Anda tak harus selalu mengikuti aturan resep secara baku. Beragam bahan dan komposisi bisa dimasukkan dalam racikan nasi goreng. Misalnya punya ayam goreng sisa makan malam, sosis, hingga irisan wortel dan buncis. Saat hampir selesai dimasak, cicipi dulu agar bisa ditambahkan bumbu jika kurang, saat nasi goreng masih panas.

Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Trade traffic with me using 2leep.com system