Jumat, 10 Agustus 2012

6 Tips Lancar Melintasi Pantura


Jalur Pantura atau Pantai Utara selalu menjadi pilihan utama bagi pemudik. Banyaknya rest area di jalurnya pun membuat perjalanan lebih nyaman. Jika ingin melintasi Pantura, baca dulu 6 tips berikut ini.

Jalanan yang lurus dengan pemandangan laut menjadi ciri khas dari jalur Pantura. Rest area dan banyak rumah makan dapat Anda temui di setiap tepian jalannya. Disusun detikTravel, Jumat (10/8/2012), berikut 6 tips lancar melintasi Pantura:

1. Perhatikan mesin kendaraan sebelum berangkat

Banyaknya rest area dan juga bengkel-bengkel di setiap jalur Pantura, akan memudahkan Anda selama perjalanan. Namun, ada baiknya Anda mempersiapkan kendaraan dengan tepat dan cermat terlebih dulu.

Pastikan kendaraan Anda dalam keadaan baik sebelum berangkat. Cek kembali tekanan ban, oli dan lain-lain. Jalur Pantura selalu dipadati oleh pemudik. Tentu Anda tak ingin kendaraan mogok di tengah jalan dan membuat kemacetan panjang bukan?

2. Siapkan peta mudik

Saat menjelang H-7, banyak surat kabar atau pun perusahaan-perusahaan yang mengeluarkan peta mudik. Tak usah malu, ada baiknya Anda membawa peta mudik tersebut untuk melintasi Pantura.

Setiap tahun, ada perubahan-perubahan yang terjadi di jalur Pantura. Melalui peta mudik, Anda dapat melihat perkembangan terkini tentang titik rawan kemacetan atau perbaikan jalan di tiap daerah. Hal ini akan memudahkan Anda.

3. Hafalkan titik kemacetan

Sebagai jalur favorit, macet bukan rahasia lagi di jalur Pantura. Volume kendaraan yang bertambah akan mengakibatkan macet yang tidak terkira. Apalagi ada beberapa pasar tumpah di tiap daerah yang kadang sulit diprediksi.

Jalur mudik Brebes-Tegal via tol Pejagan diprediksi akan mengalami peningkatan arus volume kendaraan pada H-10. Hal itu dikarenakan adanya penyempitan jalur di exit tol Pejagan. Kemacetan jalur mudik dari exit tol Pejagan yang akan menuju Tegal, terjadi di pertigaan Tanjung menuju arah Pantura.

4. Perhatikan takaran bensin

Anda akan banyak menemukan SPBU di pinggir jalan di Jalur Pantura. Meski demikian, Anda tetap harus memperhatikan takaran bensin Anda selama perjalanan.

Bisa saja Anda lupa untuk mengisi bensin dan mengacuhkan SPBU yang Anda temui. Padahal, saat itu bensin Anda telah menipis, walah! Oleh sebab itu, dengan memperhatikan takaran bensin, Anda akan tahu kapan harus mengisi bahan bakar. Perjalanan pun akan lebih lancar dan nyaman.

5. Beristirahatlah saat lelah

Jangan menunda-nunda waktu untuk beristirahat saat Anda lelah. Banyaknya rest area di Pantura dapat menjadi tempat beristirahat Anda untuk memejamkan mata atau sekadar meregangkan otot.

Saat lelah datang baik di siang atau pun malam, segeralah merapatkan kendaraan ke rest area dan beristirahatlah. Anda dapat tidur untuk sesaat atau mengisi perut yang lapar. Kopi pun dapat menjadi pilihan Anda.

6. Siapkan hiburan

Anda akan menjumpai macet saat melintas di Pantura. Untuk itu, siapkan hiburan seperti musik dan dvd. Buku bacaan pun dapat menjadi pilihan Anda.

Siapkan pula kamera untuk memotret sisi lain Pantura. Hal-hal tersebut dapat menjadi hiburan Anda selama di jalan untuk melawan kepenatan.


http://travel.detik.com/read/2012/08/10/181459/1988749/1048/6-tips-lancar-melintasi-pantura?vt22011024

Tidak ada komentar:

Trade traffic with me using 2leep.com system