Rabu, 13 Juni 2012

Tips Agar Wawancara Lewat Telepon Anda Sukses



Wawancara calon pegawai lewat telepon saat ini memang belum banyak dilakukan,. Padahal cara ini bisa menghemat waktu dan tenaga kedua belah pihak.

Pihak perusahaan bisa memastikan bahwa mereka hanya akan mewawancarai calon yang paling memenuhi syarat. Sedangkan bagi pelamar, cara ini menjadi alternatif di tengah-tengah jam sibuk akan aktivitas lain sehingga sulit untuk wawancara tatap muka.
Namun teknik wawancara ini juga bukan tanpa hambatan. Kedua belah pihak tidak bisa melihat langsung reaksi masing-masing atau pun ada kesalahpahaman. Sehingga Anda harus benar-benar hati-hati selama wawancara.
Berikut adalah beberapa tips selama wawancara lewat telepon seperti dikutip dari shine.com.

1. Dengarkan baik-baik
Selalu mungkin kehilangan maksud pembicaraan atau salah mengerti kata-kata yang diucapkan sehingga bisa menimbulkan miskomunikasi, atau bahkan Anda tidak memahami pertanyaan dan memberikan jawaban yang salah. Jadi, waspada dan dengarkan dengan seksama apa yang disampaikan pewawancara.

2. Terima telepon di tempat sunyi dan tenang
Setelah dipastikan bahwa panggilan yang Anda terima adalah dari pihak perusahaan tempat Anda menaruh lamaran, segeralah cari tempat yang sunyi dan tenang. Sehingga Anda bisa berkonsentrasi penuh untuk mendengarkan setiap pertanyaan dan juga memberi jawaban yang sesuai.
Karena terlalu banyak kebisingan dapat mengalihkan perhatian Anda dan Anda mungkin kehilangan fokus Anda. Pewawancara pun akan sulit berkomunikasi dengan baik.

3. Jangan banyak mengucapkan kata-kata atau dengungan selama wawancara
Konsentrasi sajalah mendengarkan pertanyaan dan begitupun ketika menjawab pertanyaan. Suara-suara seperti 'hmmm', atau 'oohh' akan mengganggu pewawancara.
Begitu juga ketika kata tambahan itu turut Anda keluarkan saat Anda menjawab pertanyaan, ini akan membuat pewawancara menjadi ragu dan tidak yakin akan kemampuan Anda terhadap posisi pekerjaan.

4. Hindari gangguan
Sebisa mungkin jauhi gangguan baik dari internal maupun eksternal selama wawancara telepon berlangsung. Seperti pastikan telepon yang Anda gunakan tidak akan mati tiba-tiba karena batere yang habis ketika wawancara, atau matikan semua ponsel lain atau peralatan listrik lainnya yang dapat menyebabkan gangguan.
Jangan disambi mengerjakan aktivitas lainnya, meski kecil hal ini menyebabkan hilangnya fokus dan juga tidak sopan kepada pewawancara.

5. Bersiaplah
Pastikan juga sejumlah barang lainnya yang kemungkinan besar dibutuhkan saat wawancara, ada di dekat Anda sehingga mudah diambil ketika diperlukan. Seperti dokumen, file lain yang bisa membantu. Jika dokumen yang Anda butuhkan ada di komputer Anda, sebaiknya sediakan print out atau sudah terbuka di layar komputer.

Tidak ada komentar:

Trade traffic with me using 2leep.com system