Sabtu, 16 Juni 2012

Penyakit Nggak Elit yang Mengintai Orang Malas


Agar memiliki tubuh sehat dan kuat, Anda memang harus rajin-rajin merawat diri, menjaga kebersihan, makan sehat dan olahraga. Bila malas, maka beberapa penyakit pun akan mengintai.

Berikut beberapa penyakit yang kerap menyerang orang yang malas menjaga kebersihan, seperti dirangkum detikHealth, Jumat (15/6/2012):

 1. Gigi berlubang

Gigi berlubang atau karies gigi merupakan salah satu penyakit yang paling umum di seluruh dunia. Karies gigi adalah infeksi bakteri yang menyebabkan demineralisasi jaringan keras, yaitu enamel, dentin dan sementum, serta perusakan materi organik gigi, seperti dilansir EverydayHealth.

Kerusakan tersebut biasanya oleh karena produksi asam oleh bakteri dari akumulasi sisa-sisa makanan pada permukaan gigi. Kebanyakan orang yang mengalami gigi berlubang adalah orang yang malas menyikat atau merawat gigi.

 2. Panu

dr. Susie Rendra, SpKK, dari Rumah Sakit Puri Indah menjelaskan, panu merupakan penyakit kulit yang disebabkan infeksi jamur Malassezia Spp. Penyakit ini ditandai dengan perubahan warna kulit (menjadi lebih putih, kemerahan atau kecoklatan) dan disertai sisik yang halus.

Beberapa faktor risiko tertentu, misalnya malas menjaga kebersihan pada saat kelembaban tubuh tinggi, sering berkeringat, meminum obat-obat antibiotik atau obat lain yang dapat menurunkan daya tahan dalam jangka yang cukup panjang.

3. Cacingan

Cacingan adalah penyakit yang mudah menular. Faktor penyebabnya antara lain yaitu iklim tropis yang lembab, kepadatan penduduk yang tinggi, sanitasi yang buruk, tinja yang dijadikan pupuk di kebun, kurangnya pengetahuan masyarakat dan kondisi tanah, seperti dilansir MayoClinic.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah cacingan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat, jangan malas mencuci tangan menggunakan sabun untuk menghilangkan bakteri, kuman dan cacing yang bisa menyebabkan penyakit.

 4. Korengan

Koreng atau borok biasanya terjadi karena luka mengalami infeksi akibat kebersihan yang buruk. Tangan yang tidak steril seringkali menjadi penyebabnya, yang tanda sadar menggaruk atau memegang luka terbuka, seperti dilansir MayoClinic.

Biasanya selalu mencuci tangan dengan bersih sebelum Anda mengobati atau bahkan hanya memegang luka.


http://health.detik.com/read/2012/06/15/160720/1942383/763/5/penyakit-nggak-elit-yang-mengintai-orang-malas

Tidak ada komentar:

Trade traffic with me using 2leep.com system