Minggu, 08 April 2012


Tangan bisa menjadi media yang paling banyak menularkan penyakit. Bahkan 80% penyakit bisa ditularkan melalui tangan, khususnya pada anak-anak. Untuk itu, sangat penting untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan menjaga kebersihan tangan.

"80% penularan penyakit pada anak bisa menular dari tangan," ujar dr Hanny Nilasari, SpKK, dari Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FKUI-RSCM, dalam acara konferensi pers Peluncuran CARE Plus Antiseptik Spray Multiguna Pertama di Indonesia, di fCone, fX Lifestyle X'nter, Jakarta, Rabu (4/4/2012).

Menurut dr Hanny, penyakit yang paling banyak menular media melalui tangan adalah yang disebabkan oleh bakteri, seperti diare. Kuman diare bisa menempel di tangan, yang kemudian berpindah ketika seseorang memegang benda lain yang akan dipegang oleh orang lain.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menerapkan perilaku hidup sehat dengan mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer (pencuci tangan antiseptik).

"Anda bisa membunuh kuman dengan mencuci tangan pakai air mengalir dan sabun atau juga dengan menggunakan antiseptik. Pakai antiseptik seperlunya, misal sedang dalam perjalanan dan susah air. Kalau di rumah, yang terbaik tetap pakai air mengalir dan sabun," jelas dr Hanny.

dr Hanny menjelaskan, cuci tangan dengan air mengalir berfungsi untuk membersihkan dan menghilangkan kotoran tapi kuman tetap menempel. Itulah sebabnya dibutuhkan sabun yang mengandung antiseptik untuk membunuh kuman.

Ada 6 titik kritis di mana Anda harus mencuci tangan atau menggunakan antiseptik, yaitu:
1. Sebelum mengolah makanan
2. Sebelum makan
3. Setelah BAB (buang air besar)
4. Sebelum mengurus bayi dan menyusui
5. Setelah menceboki anak
6. Setelah memegang hewan.

Dengan menjaga kebersihan dan kehigienisan tangan, dapat menurunkan kasus diare, ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) dan flu burung, serta direkomendasikan untuk pencegahan flu H1N1.


http://health.detik.com/read/2012/04/05/090115/1885655/763/80-penyakit-menular-dari-tangan

Tidak ada komentar:

Trade traffic with me using 2leep.com system