Selasa, 03 April 2012

Merokok Setelah Berolahraga Jauh Lebih Berbahaya?


Hampir semua orang tahu bahwa merokok sangatlah buruk bagi kesehatan. Namun merokok seusai olahraga, efeknya bisa jauh lebih berbahaya. Seperti yang dikutip dari Livestrong, berikut dampak negatif yang akan didapat tubuh akibat merokok setelah berolahraga.

1. Jantung
Merokok setelah olahraga membuat jantung mendapatkan tekanan yang besar. Seperti organ tubuh lainnya, jantung juga membutuhkan oksigen agar dapat berfungsi dengan baik. Adanya asap rokok justru menguras oksigen dalam tubuh dan menggantikannya dengan karbondioksida. Akibatnya, jantung harus memompa lebih keras untuk menyuplai okesigen ke suluruh tubuh. Ketika jantung bekerja keras, tentunya tekanan darah pun meningkat.

2. Paru-paru
Merokok dapat mempersempit saluran udara di paru-paru dan membuat oksigen sulit lewat. Seusai berolahraga, tubuh memerlukan banyak oksigen untuk kembali ke dalam kondisi normal, itulah mengapa Anda bernapas begitu cepat. Kebiasaan merokok hanya akan membuat segalanya berantakan, mempersempit saluran udara dan mengurangi kadar oksigen dalam darah.

3. Otak
Merokok setelah berolahraga akan meningkatkan kadar karbondioksida ke dalam aliran darah. Karbondioksida dapat memberikan efek serius pada fungsi otak, seperti merusak kinerja visual, menganggu keterampilan motorik dan kognitif. Seusai latihan Anda mungkin merasa lelah dan membutuhkan ketenangan, sehingga memutuskan untuk merokok. Tapi berhati-hatilah, karena hal itu justru memberikan efek sebaliknya pada tubuh.

4. Lelah
Kurangnya kadar oksigen pada paru-paru dan jantung akibat merokok seusai olahraga, dapat menyebabkan seseorang merasa sangat kelelahan. Orang yang merokok akan sulit untuk berolahraga teratur karena cepat merasa lelah. Tetapi kurang berolahraga hanya akan membuat tubuh mengalami penurunan kesehatan secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Trade traffic with me using 2leep.com system